10 Cara Pelihara Kelinci Anggora Dengan Gampang

Cara Pelihara Kelinci Anggora – Kelinci Anggora adalah salah satunya type kelinci yang mempunyai bulu yang lebat serta seringkali digunakan menjadi bahan baju. Kelinci ini berbentuk begitu ramah serta bisa jadikan hewan peliharaan sebab sifatnya yang cukuplah disenangi itu. Bila Anda mempunyai kelinci Anggora atau merencanakan untuk pelihara kelinci ini, jadi Anda mesti tahu langkah menjaga kelinci itu termasuk juga tentang kesehatan, keperluan nutrisi, kandang, serta pengetahuan yang lain. Oleh karenanya di bawah ini kami akan memberi 10 langkah pelihara kelinci Anggora yang efisien serta gampang.

Kelinci Anggora

Cara memelihara kelinci Angora Cara memelihara kelinci Angora

1. Mengawasi Kesehatan Kelinci Anggora
Untuk mengawasi kesehatan kelinci Anggora maka kita mesti seringkali membawa kelinci ini ke dokter hewan untuk kontrol kesehatan teratur. Bila kelinci anda tunjukkan tanda-tanda sakit jadi janganlah sangsi untuk selekasnya membawanya ke dokter hewan untuk memperoleh perlakuan selanjutnya. Gejala-gejala sakit pada kelinci ialah diare yang berair, tidak memakai kaki belakangnya untuk berjalan atau malas untuk melonjak, konstipasi, urin berwarna gelap atau urin jarang keluar, gampang capek, mata atau hidung berair, demam, serta tetap keluarkan air liur.

Hal-hal lain yang butuh dilihat ialah membuat kelinci anda steril. Aksi ini bisa dikerjakan dengan lakukan konsultasi dengan dokter hewan anda awal mulanya. Bila anda tidak punya niat untuk mempunyai anak kelinci yang lainnya, anda bisa bertindak ini pada umur 4 sampai 6 bulan. Arah dari steril pada kelinci ialah menahan kehamilan yang tidak diharapkan dan menahan munculnya penyakit. Perlu untuk diketahui jika kelinci betina yang tidak di steril mempunyai kemungkinan yang tambah tinggi untuk memperoleh kanker uterus.

2. Tetap Mengecek Kondisi Gigi Kelinci
Gigi dari kelinci Anggora tidak pernah berhenti untuk bertumbuh. Oleh karenanya ia akan tetap suka untuk kunyah suatu supaya meratakannya. Bila gigi kelinci anda tampak makin panjang jadi anda bisa membawanya ke dokter hewan untuk dikit memotongnya. Jangan sampai memotong gigi kelinci anda sendiri, sebab gigi kelinci bisa jadi retak serta mengakibatkan pembengkakan sampai permasalahan yang serius pada mulutnya.

3. Rajin Menjaga Bulu Kelinci
Kelinci Anggora adalah type kelinci yang mempunyai bulu yang halus hingga beberapa orang yang mencukurnya untuk jadikan bahan baju. Walau begitu, jangan sampai untuk mencukur bulu kelinci anda. Anda bisa menyikat bulu kelinci ini sekitar 1x satu hari supaya bulu mereka masih halus serta sehat. Saat menyikat bulu kelinci anda bisa memakai sisir spesial hewan. Dengan menyikat bulu kelinci jadi anda bisa kurangi bulu yang rontok pada perlengkapan, karpet, serta baju anda.

4. Memberikan Makanan Yang Pas
Kelinci Anggora begitu suka pada jerami menjadi makanannya. Tetap yakinkan jika kelinci anda mempunyai cukuplah banyak jerami untuk dikunyah, Jerami mempunyai semua nutrisi terpenting yang diperlukan buat kelinci untuk masih sehat. Dengan kunyah, gigi kelinci bisa jadi rata serta ketahan pertumbuhannya. Diluar itu kita butuh tahu jika ada makanan yang tidak bisa dikasihkan pada kelinci Anggora. Makanan itu ialah brokoli, jagung, bayam, kacang yang belumlah dikupas, kubis, serta kembang kol. Beberapa makanan ini beresiko sebab sulit untuk diolah oleh kelinci Anggora serta bisa mengakibatkan kelinci jadi sakit.

5. Memberi Pellet Kelinci
Anda dapat juga memberi kelinci Anggora anda pellet kelinci sehari-hari menjadi penambahan nutrisi. Anda bisa memberi pellet sekitar seperempat atau 1/2 mangkok /hari. Beberapa kelinci Anggora memerlukan rekonsilasi makanan bergantung kondisinya. Perihal ini bisa anda konsultasi kan ke dokter hewan anda.

6. Memberi Sayuran Hijau Pada Kelinci
Sayuran hijau adalah sumber nutrisi yang baik buat kelinci Anggora. Beri beberapa sayuran hijau pada kelinci anda sehari-hari. Kelinci anda bisa suka pada kale, lobak hijau, kalian, atau seledri.

7. Tetap Penuhi Keperluan Air
Kelinci Anggora membutuhkan akses yang gampang ke sumber air yang bersih serta fresh. Untuk wadah air anda bisa memakai botol yang ada disedot diujungnya sebab botol ini lebih sulit terkontaminasi dengan kotoran, debu, serta jerami. Tetap ubah air minum kelinci anda sekurang-kurangnya sekali satu hari serta tetap check keadaannya. Bila anda ingin memakai mangkok keramik, yakinkan jika mangkok itu cukuplah berat serta lebar hingga tidak gampang dibalikkan oleh kelinci anda.

8. Pilih Kandang Yang Pas Untuk Kelinci
Kelinci Anggora memerlukan ruangan yang cukuplah luas supaya ia bisa melonjak serta bermain. Karena itu yakinkan jika kandang kelinci anda memiliki ukuran sekurang-kurangnya 1,2 mtr. persegi. Bila alas kandang terbuat dari kawat besi, beri alas seperti papan atau alas plastic yang bisa membuat perlindungan kaki kelinci anda.

9. Menempatkan Beberapa Kotak Kardus Di Dalam Kandang
Kelinci Anggora begitu suka bersembunyi di kotak kardus, kunyah kotak itu, serta mendorong-dorongnya. Oleh karenanya kita bisa menempatkan beberapa kotak kardus di kandangnya hingga ia bisa bermain-main dengan kotak itu. Kotak itu bisa berisi jerami serta lubangi di sisinya hingga kelinci bisa bermain sekaligus juga makan dengan gampang. Tidak hanya kotak kardus untuk bermain, anda harus juga menyiapkan satu kotak untuk kelinci buang air. Kotak itu bisa dialasi dengan beberapa lembar koran atau sobekan koran. Yakinkan pun jika kotak itu tetap bersih supaya tidak memunculkan berbau tidak enak.

10. Menyiapkan Beberapa bahan Yang Gampang Dikunyah
Kelinci Anggora mempunyai rutinitas untuk kunyah selama waktu untuk menahan giginya selalu bertumbuh. Karena itu yakinkan jika kita tetap menyiapkan beberapa benda yang bisa dikunyah oleh kelinci ini. Benda itu bisa berbentuk handuk, papan, batang apel, buah papan dari pinus, dan lain-lain.

Sekianlah informasi yang dapat saya bagikan untuk Anda terkait dengan 10 Cara Pelihara Kelinci Anggora Dengan Gampang. Semoga saja bisa bermanfaat.

Leave a Comment