7 Kuliner Ciri khas Ini Membuat Orang Pacitan di Perantauan Tetap Rindu Ingin Pulang

Kuliner Ciri khas Pcitan – Beberapa kuliner Pacitan ini memang dapat didapati di wilayah lain tetapi kekhasan cita rasa-rasanya belum pasti sama. Itu kenapa cuma dalam tempat aslinya, kamu dapat rasakan cita rasa asli. Nah buat traveler yang berlibur di Pacitan dapat mencicip satu diantara kuliner berikut ini. Ditanggung rasa-rasanya akan menggoyang lidah.

Makanan Khas Pacitan

Nasi Tiwul Pacitan

Nasi Tiwul Pacitan

1. Thiwul
Thiwul ialah kuliner harus yang perlu traveler cicip waktu berlibur di Pacitan. Karena ini ialah makanan ciri khas masyarakat Pegunungan Kidul yang mencakup kabupaten Gunungkidul, Wonogiri dan Pacitan. Memiliki bentuk seperti nasi biasanya akan tetapi warnanya cukup kecoklatan. Thiwul memang adalah makanan inti alternatif nasi yang terbuat dari gaplek atau ketela pohon yang sudah dikeringkan.

Thiwul diketahui mempunyai kandungan kalori yang rendah dibandingkan nasi dari beras tetapi cukuplah untuk penuhi bahan makanan alternatif. Biasanya thiwul di Pacitan diberikan bersama dengan sambal terasi maupun sambal bawang komplet dengan lalapan. Satu diantara tempat yang dapat traveler kunjungi untuk makan dengan menu nasi tiwul ialah di Lesehan Bukit Indah lokasi Sedeng, barat pusat kota. Di dalam rumah makan itu ada nasi tiwul komplet dengan urap, sambal serta ikan laut goreng.

2. Kupat Tahu
Menu yang satu ini jadi kuliner favorite Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Bila beliau pulang kampung ke Pacitan tentu tetap mencicip menu ini, paling akhir sesudah tidak menjabat presiden, SBY bersama dengan keluarga lakukan wisata kuliner di pusat kuliner Pasar Minulyo untuk nikmati kupat tahu bahkan juga semua pengunjung pasar pada saat itu ditraktir makan gratis lho.

Lalu apa sich kupat tahu itu? Traveler yang tinggal di Solo serta Magelang tentu familiar dengan kuliner satu ini. Bahkan bisa saja wilayah lain mempunyai kuliner dengan nama yang sama. Tetapi tiap wilayah mempunyai bumbu rahasia yang membuat makanan dengan nama yang sama mempunyai cita rasa yang berlainan. Kupat tahu ialah makanan yang berisi potongan-potongan kupat (lontong) dan tahu. Dalam penyajiannya ditambah lagi taburan kacang goreng, seledri serta taoge dan disiram dengan kuah penuh bumbu yang nikmat. Biasanya kupat tahu di Pacitan dikonsumsi dengan kerupuk udang.

3. Soto Pacitan
Soto ialah menu makanan yang hampir berada di tiap wilayah. Begitupun Pacitan, kabupaten ini mempunyai yang namanya Soto Pacitan. Apa yang memperbedakan dengan soto yang lain? Soto yang datang dari kota kelahiran SBY ini diberikan dengan penambahan seledri, bawang goreng, kecambah, kecap serta kacang goreng. Nah terdapatnya kacang goreng berikut sebagai pembeda dengan soto-soto yang lain.

Enaknya Soto Pacitan dapat traveler temui di warung makan seputar tempat wisata atau bila ingin yang lebih nikmat ada dua tempat yang paling direferensikan yakni Soto Kebonagung yang ada di tepi jalan Jalan Lintas Selatan serta Soto Giyem Disco yang terdapat timur kota Pacitan atau jalan ke arah ke kecamatan Tulakan. Umumnya traveler akui senang dengan cita rasa soto dari Kota 1001 Gua ini.

4. Jadah Bakar
Mungkin masih beberapa orang yang belum tahu makanan bernama jadah.jadah ialah makanan yang memiliki bentuk seperti punten akan tetapi terbuat dari ketan. Jika di Pacitan diketahui yang namanya jadah bakar yakni jadah yang dipanggang seperti memanggang daging ayam. Sesudah itu dikonsumsi dengan dengan gula pasir membuahkan gabungan rasa gurih serta manis.

Jadah bakar jadi rekan nongkrong anak muda Pacitan di alun-alun kota. Camilan ini dapat dengan gampang diketemukan di kios-kios makanan sekitar alun-alun terutamanya disamping timur. Satu diantara sebagai berlangganan ialah jadah bakar Mbah Geger. Kios ini tetap ramai didatangi baik anak muda sampai keluarga yang nikmati situasi malam di kota kecil yang damai. Tidak hanya jadah bakar menu lain yang tidak kalah ciri khas ialah tahu bakar yang dikonsumsi dengan sambal kecap dan sate tahu yang nikmat.

5. Sego Godhong Jati
Kuliner selanjutnya ialah sego godhong jati, sesuai namanya ini ialah makanan berbentuk nasi yang dibungkus memakai daun jati. Pada jaman dulu makanan semacam itu cuma diketemukan waktu ada hajatan khususnya pernikahan dimana nasi daun jati ini akan tetap ada jadi karena beberapa orang yang memberi. Sekarang makanan ini telah langka karena tiap pernikahan tidak memakai karena tetapi cenderamata.

Isi sego godhong jati ialah nasi dengan urap dan tumis tempe (kering tempe), serundeng dan lauk ikan asin maupun peyek. Aroma daun jati begitu ciri khas membuat nasi yang berada di dalamnya mempunyai rasa yang berlainan juga. Makanan khas tengah hits di Pacitan belakangan ini, serta mereka yang kangen dengan makanan sego godhong jati dapat membelinya di jalan ke arah kecamatan Arjosari persisnya di desa Semanten atau di warung makan Mbak Tini depan pabrik rokok Sampoerna di kelurahan Sidoharjo.

6. Sale Anggur
Sale anggur dapat traveler buat jadi cemilan sekaligus juga oleh-oleh ciri khas dari Pacitan. Sale ini dibikin sama juga dengan pembuatan sale-sale biasanya cuma yang memperbedakan ialah proses pengemasan. Dimaksud dengan sale anggur karena sale ini di kemas bulat-bulat serta dirangkai mirip buah anggur. Bahan basic sale anggur ialah pisang awak yang di potong tipis-tipis lalu dijemur dibawah terik cahaya matahari.

Sesudah kering baru dikemas lewat cara dipadatkan sampai berupa bulatan. Sisi luar dikemas memakai kertas krep warna-warni supaya kelihatan menarik. Lalu sisi finishing bulatan-bulatan barusan dirangkai jadi seperti untaian buah anggur. Walau tanpa ada bahan pengawet sale ini dapat tahan sampai 5 bulan. Konon lama-lama rasa-rasanya akan makin legit serta manis. Sale anggur dapat traveler temui di toko pusat oleh-oleh ciri khas Pacitan atau hadir saja ke pusat jajanan di Pasar Arjowinangun

7. Tahu Tuna
Rasa-rasanya kurang afdol bila berlibur di Pacitan tetapi tidak mencicip tahu tuna. Makanan ini seperti telah jadi simbol makanan ciri khas di Kota 1001 Gua. Tahu tuna bukan makanan baru, memiliki bentuk sama juga dengan tahu bakso akan tetapi bakso di tahu ini dibikin dari gilingan ikan tuna. Menu tahu tuna banyak didapati di warung-warung makan di Pacitan. Tidak hanya dikonsumsi dalam tempat, tahu tuna dapat juga jadikan oleh-oleh satu plastik berisi potongan tahu tuna sejumlah 10 biji di jual pada harga seputar 7-8 ribu. Traveler yang tertarik dapat memperolehnya di toko oleh-oleh yang berada di selama jalan ke arah Pantai Teleng Ria.

Itu deretan makanan ciri khas Pacitan yang dapat kamu coba sesudah nikmati obyek wisata Pacitan. Walau berkesan simpel tetapi menu-menu itu dapat membuat anak rantau tetap kangen ingin selekasnya pulang.

Leave a Comment