8 Makanan Ciri khas Kediri yang Paling Enak serta Mengundang selera

Makanan Ciri khas Kediri – Kediri adalah satu diantara kabupaten di Jawa Timur yang terdapat seputar 130 km samping barat daya Surabaya serta berdasarkan jumlahnya penduduknya. Kediri adalah kota paling besar ke-3 di Jawa Timur sesudah Surabaya serta Malang. Kediri ini adalah pusat perdagangan penting untuk industri rokok serta gula di Indonesia. Di kota ini adalah tempat berdiri serta mengembangnya satu diantara pabrik rokok paling besar di Indonesia, yakni Gudang Garam.

Makanan Khas Kediri

Nasi Pecel Tumpang Khas Kediri

Nasi Pecel Tumpang Khas Kediri

Di Kediri ada satu simpang jalan yang begitu populer yakni Simpang Lima Gumul. Simpang jalan ini sebenarnya adalah satu persimpangan jalan sebagai titik pertemuan lima ruas jalan. Di lokasi simpang ini, dibuat satu monumen indah yang istimewa dengan design arsitektural sebagai simbol wisata Kota Kediri bernama Monumen Simpang Lima Gumul yang di inspirasi dari Monumen L’Archde Triomphe di Paris. Tidak hanya industri rokok serta monumennya yang populer, nyatanya kota Kediri mempunyai banyak makanan ciri khas yang enak, popular serta populer. Ingin tahu apa makanannya? Baca sedetailnya yuk.

1. Tahu Takwa
Awalannya tahu takwa ini diperkenalkan oleh entrepreneur asal Cina bernama Bah Kacung, Tahu ini adalah oleh-oleh ciri khas Kediri semenjak tahun 1912. Pemungutan nama takwa sendiri datang dari bahasa Mandarin yang bermakna aroma. Tahu ini aromanya gurih serta begitu merayu bahkan juga sebelum dirasa di lidah. Tahu takwa ini memiliki rasa-rasanya gurih serta tidak ada perasaan masam benar-benar. Inilah yang membuat tahu takwa berlainan dengan tahu yang lain. waktu digoreng, kulit luarnya crispy, tetapi sisi dalamnya masih lembut.

2. Nasi Pecel Tumpang
Bicara mengenai nasi pecel, sebetulnya makanan satu ini banyak ada di berbegai daerah di Indonesia. Tetapi tetap ada keunikan tertentu dari nasi pecel di masing-masing daerah, diantaranya Kediri. Di Kediri yang terpopuler ialah Nasi Pecel Tumpang. Nasi pecel ciri khas Kediri ini umumnya diberikan diatas “pincuk” daun pisang. Umumnya diberikan waktu nasi masih tetap mengepul hangat, lalu diatasnya dikasih sayuran daun pepaya, daun kenikir, daun ketela pohon, kacang panjang, buah pepaya muda serta kecambah, lalu disiram diatasnya sambal pecel serta sambal tumpang.
Sambal tumpang ini mempunyai bumbu yang lengkap, ada perasaan pedas, asin, gurih berpadu dengan sambal pecel yang terasa pedas manis. Sesudah disiram sambal tumpang, diatasnya diberi lalapan rajangan mentimun, lamtoro serta daun kemangi. Lauk yang biasa diberikan ialah perkedel singkong, tempe atau tahu goreng dan paling akhir menjadi pelengkap yakni di imbuhkan peyek.

3. Soto Kediri
Soto adalah makanan yang umum ada di beberapa daerah. Soto Kediri ini seperti soto ayam biasanya, tetapi soto ini memiliki cita perasaan yang gurih, nikmat serta enak yang tidak dapat didapati pada soto-soto yang lain.
Ketidaksamaan Soto Kediri ini dengan soto ayam yang lain ialah pada kuah soto ciri khas Kediri ini dikasih santan hingga perasaan soto ini jadi makin gurih serta nikmat.

4. Sate Emprit
Umumnya jika sate bahan dasarnya ialah daging kambing atau daging ayam, tetapi berlainan dengan sate emprit ciri khas Kediri ini yang memiliki bahan basic dari burung emprit. Pengolahanya ialah burung emprit dibakar lalu diproses seperti masakan sate umumnya. Sebelum dibakar, sate emprit dikasih air yang tercampur dengan asam, gula merah, dan bawang putih menjadi penyedap rasa-rasanya.
Sesudah dibakar lalu dioles dengan bumbu sate yakni kecap digabung dengan sambal kacang. Umumnya pada sebuah sunduk ada 2 daging burung emprit, di gabungkan dengan saos bumbu sate serta dalam penyajianya dikasih lalapan, seperti timun serta potongan bawang merah.

5. Sate Bekicot
Jika sate emprit bahan dasarnya burung emprit, karena itu sate bekicot ini memiliki bahan basic daging bekicot. Pusat dari makanan ciri khas Kediri yang satu ini ialah ada di Desa Djengkol, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, persisnya 10 km. dari lokasi Monumen Simpang Lima Gumul. Didaerah itu, tidak hanya menyiapkan sate bekicot, menyediakan makanan olahan dari bekicot yang lain, seperti krengsengan bekicot, kripik bekicot, serta oseng-oseng bekicot.

6. Tahu Poo
Tahu Poo ini berlainan dengan Tahu Takwa, sebab saat digoreng, sisi tengah dari Tahu Poo dapat mengembang (kosong). Tahu Poo ini umumnya paling enak jadikan cemilan bersama dengan sambal petis. Tahu Poo dapat Anda jumpai di jalan Yos Sudarso, Anda bisa lihat toko Tahu Poo yang penuh dengan beberapa orang yang belanja oleh-oleh ciri khas Kediri.

7. Stik Tahu Kediri
Tahu Kediri mempunyai banyak macam, diantaranya ialah Stik Tahu. Camilan ini dapat Anda temukan di pusat oleh-oleh di jalan Pattimura serta jalan Yos Sudarso. Camilan yang terbuat dari tahu serta diproses lewat cara tradisionil dengan kombinasi beberapa rempah ini pas buat Anda yang tengah melakukan program diet. Bila dibanding dengan type keripik yang lain, stik tahu ini mempunyai struktur lembut tetapi masih crispy saat digigit. Bila Anda bertandang ke Kediri, rasa-rasanya tidak afdol bila belum mencicip serta membawa pulang oleh-oleh stik tahu ini.

8. Gethuk Pisang
Kediri mempunya makanan ciri khas berbentuk olahan yang terbuat berbahan buah pisang, yakni gethuk pisang. Gethuk pisang ini mempunyai perasaan yang manis, dikit asam serta perasaan legit. Gethuk ini dibuat seperti lontong serta dibalut dengan daun pisang. Mencari Gethuk Pisang di Kediri ini cukuplah gampang, sebab di selama jalan Dhoho Anda akan temukan lapak-lapak yang berjualan gethuk ini. Untuk membelinya, Anda pun harus waspada dalam pilih. Sebab ada penjual yang umumnya membuat Gethuk pisang, tapi dengan daun pembungkus yang tebal sekali.

Demikian rincian makanan ciri khas kota Kediri yang enak, popular serta terpopuler. Bila berkunjung ke kota ini, janganlah lupa untuk mencicip beberapa makanan khasnya ini ya

Leave a Comment